MTs Tahfidzul Quran

MTs Tahfidzul Quran Darul Falach adalah Madrasah Tsanawiyah (setingkat SMP dibawah Kementerian Agama) jenjang pendidikan untuk lulusan SD/MI dengan masa belajar 3 tahun. Lulusan jenjang ini dapat melanjutkan pendidikannya ke MA Tahfidzul Quran Darul Falach program khusus atau ke SMA/MA di luar.

Jenjang pendidikan ini telah mendapat legalitas dari pemerintah dengan mendapat nilai Akreditasi A.

Target Lulusan

MTs Tahfidzul Quran adalah program unggulan yang ditawarkan Pondok Modern Darul Falach Temanggung yang dikelola Pusat Kajian Al Quran. Oleh karena itu, santri dalam program ini terus dipantau perkembangannya per individu dan dilaksanakan evaluasi rutin dalam proses pendidikan maupun pembelajarannya. Target lulusan program ini antara lain :

1. Beraqidah shohihah.
2. Berakhlaq karimah.
3. Hafal Al Quran 15 juz.
4. Menguasai pengetahuan agama Islam dengan baik.
5. Mampu berbahasa asing aktif (Arab dan Inggris).
6. Unggul dalam pelajaran umum.
7. Mendapatkan ijazah formal dan kepesantrenan.

Kurikulum

Kurikulum yang digunakan di MTs Tahfidzul Quran adalah kurikulum Kementerian Agama untuk mata pelajaran umum, serta dipadukan dengan kurikulum pesantren untuk mata pelajaran agama.

Di MTs Tahfidzul Quran, santri dibimbing lebih intensif untuk menjadi pengafal Al Quran dan memiliki keunggulan dalam ilmu pengetahuan agama dan umum. Para santri ditargetkan untuk menyelesaikan hafalan Al Quran dalam masa waktu 6 tahun, yaitu 3 tahun untuk jenjang MTs dan 3 tahun jenjang MA program khusus.

Selain hafalan Al Quran dan materi umum (materi sekolah), santri MTs Tahfidzul Quran juga ditargetkan untuk menguasai pengetahuan Islam yang lebih mendalam. Berbagai disiplin ilmu agama yang dipelajari antara lain:

1. Aqidah
2. Fiqh Ibadah
3. Fiqh Muamalah
4. Tajwid
5. Ushul Fiqh
6. Tafsir
7. Ulumul Quran
8. Hadits
9. Ulumul Hadits
10. Siroh
11. Nahwu
12. Shorf
13. Balaghah

Durasi Pendidikan

Masa yang ditempuh untuk menyelesaikan MTs Tahfidzul Quran adalah selama 3 tahun. Namun kurikulum kepesantrenan dan tahfidzul Quran ditargetkan selama 6 tahun, sehingga santri yang hanya menempuh jenjang MTs saja hanya akan mendapatkan ijazah formal (Kementerian Agama) tanpa mendapatkan ijazah pesantren.