Pelaksanaan UAMBN Pusat Kajian Alquran PM Darul Falach

Siswa madrasah selain akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), juga akan menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional-Berbasis Komputer (UAMBN-BK).UAMBN-BK adalah sistem pelaksanaan Ujian Akhir bagi Madrasah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan menggunakan media komputer. UAMBN-BK ini mulai dterapkan pada Tahun 2018 yang lalu, sebelumnya UAMBN masih menggunakan media Kertas-Pensil.

Menurut data, pada tahun 2017, sebanyak 4.408 madrasah di seluruh Indonesia sudah melaksanakan UAMBN (MTs dan MA). Tahun 2018, setelah aplikasi yang dipergunakan UAMBN-BK resmi diluncurkan, sebanyak 16.943 MTs dan 7.260 MA di seluruh Indonesia sudah menerapkan UAMBN Berbasis Komputer.

Sesi UAMBN-BK berbeda dengan sesi dengan UNBK. Jika di UNBK hanya mengikat pada waktu pelaksanaan maka di UAMBN-BK lebih dari itu. UAMBN-BK mengikat pada waktu, ruang, mata pelajaran, dan mata pelajaran, serta jurusan. Untuk MA menjadi spesifik lagi sampai ke penjuruan. Jadi dalam satu ruangan ujian tidak boleh ada penggabungan antar siswa dengan jurusan lain. Sebab di dalam master penjadwalan juga dipisah berdasarkan penjurusan.Pelaksanaan UAMBN untuk tahun 2020 mulai dilaksanakan untuk seluruh Madarsah Aliyah dan Tsanawiyah di Kab Temangung Salah satu madrasah penyelenggara UAMBN-BK sejak tahun 2018 yang lalu adalah PKQ PM Darul Falach Candiroto Temanggung

UAMBN-BK di MA PKQ PM Darul Falach yang akan berlangsung selama 3 hari dengan  Mata Pelajaran Agama (Alquran hadist, fikih dan SKI) semoga berjalan lancar tanpa kendala..