MARHABAN YA RAMADHAN

Ramadhan adalah bulan mulia dan penuh berkah yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Kehadiran bulan suci Ramadhan selalu disambut gembira oleh seluruh kaum muslimin, tak terkecuali oleh masyarakat muslim Indonesia. Bulan yang identik dengan ibadah puasa ini juga memiliki banyak keistimewaan yang tidak bisa dijumpai di bulan-bulan lainnya. Pada bulan ini, Allah menjanjikan banyak kebaikan dan pahala yang berkali-kali lipat bagi mereka yang bisa memanfaatkan dengan baik momen istimewa Ramadhan.

Pada bulan ini, Allah SWT menurunkan alquran kepada Nabi Muhammad SAW. Dan malam pada saat diturunkannya alquran tersebut dikenal dengan Nuzulul Qur’an. Bulan Ramadhan menjadi terasa semakin istimewa karena di dalamnya terdapat satu malam kemuliaan yang nilai ibadah pada malam tersebut lebih baik dari seribu bulan, itulah malam yang disebut dengan Lailatul Qadar. Selain itu, seluruh umat muslim di seantero dunia memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh selama Ramadhan.

Ibadah puasa yang menjadi kewajiban inti dari bulan Ramadhan tergolong ibadah yang spesial, karena Allah sendiri yang secara langsung memutuskan pahalanya, tidak seperti amal ibadah yang lain. Dalam sebuah hadis qudsi Allah SWT berfirman, “Puasa adalah untukku, dan Aku sendiri yang akan memberikan balasannya…” (HR. Bukhari dan Muslim).