(Bahasa Indonesia) Persyaratan Beasiswa Universitas Al Azhar Mesir 2016

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Berdasarkan MoU antara Universitas Al-Azhar dan Pemerintah Indonesia yang ditandatangani oleh Grand Syaikh Azhar dan Menteri Agama RI, setiap calon mahasiswa baru Universitas Al-Azhar dari Indonesia diwajibkan mengikuti seleksi masuk yang diselenggarakan di Indonesia. Adapun seleksi yang diselenggarakan oleh Diktis Kemenag ini ditujukan untuk program beasiswa dan mandiri, dengan nilai tertinggi sebagai yang berhak atas beasiswa Al-Azhar tersebut.

Bagi calon mahasiswa jalur mandiri, beasiswa yang didapatkan adalah pembiayaan uang kuliah “Tuition Fee” (biaya kuliah gratis). Untuk keperluan perkuliahan, mahasiswa hanya menyiapkan administrasi pembuatan kartu mahasiswa setiap tahunnya dan keperluan buku/diktat kuliah. Adapun bagi yang mendapatkan beasiswa Al-Azhar, mereka berhak atas asrama begitu sampai di Mesir dan uang saku bulanan yang nilainya sekitar 500ribu rupiah. Kebutuhan terkait pendaftaran seperti biaya pemberkasan dan keberangkatan tidak ada bedanya baik beasiswa maupun mandiri.

Persyaratan:
1. Peserta mengisi formulir pendaftaran online melalui laman website: diktis.kemenag.go.id.

2. Menyiapkan berkas dokumen berikut:
a. Fotocopy ijazah Madrasah Aliyah/Pondok Pesantren/sederajat yang telah dilegalisir oleh lembaga pendidikan setempat
b. Ijazah berusia tidak lebih dari 2 (dua) tahun atau maksimal keluaran tahun 2014 dan khusus bagi pendaftar ke Maroko, usia ijazah tidak lebih dari 1 (satu) tahun
c. Bagi yang belum mempunyai ijazah (lulusan tahun 2016) dapat melampirkan Surat Keterangan Lulus dari pihak sekolah/madrasah
d. 2 (Dua) lembar pasfoto berwarna ukuran 3×4
e. KTP atau Kartu Pelajar (meski tidak diminta, akan tetapi biasanya diminta menunjukkan untuk menghindari praktik joki ujian)

3. Berkas dokumen di atas diserahkan langsung pada pelaksanaan seleksi di lokasi seleksi sebagaimana yang telah dipilih oleh masing-masing peserta pada formulir online di atas

4. Peserta harus mengikuti seleksi sesuai dengan lokasi pilihan pendaftaran yang dipilih

5. Diharapkan selain persiapan seleksi, peserta juga dapat segera membuat paspor. Karena proses pembuatan paspor yang tidak sebentar, diharapkan setiap calon mahasiswa terutama yang sudah dinyatakan lulus seleksi tahap pertama untuk segera mengurusnya.

Waktu Pendaftaran dan Tempat Pelaksanaan:
1. Pendaftaran online melalui website Diktis dapat dilakukan pada tanggal 7 Mei s/d 15 Mei 2016

2. Waktu pelaksanaan seleksi yaitu hari Kamis, 19 Mei 2016 yang terbagi menjadi dua ujian yaitu:
a. Ujian Tulis Pukul 08.30-10.30 WIB atau 09.30-11.30 WITA
b. Ujian Lisan Pukul 10.45 WIB atau 11.45 WITA s.d. selesai

3. Tim penguji adalah alumni Timur Tengah

4. Tempat pelaksanaan:
a. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Alamat: Jln. Ir. H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang Selatan
b. UIN Sumatera Utara
Alamat: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Medan
c. UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru
Alamat: Jl. H. R. Soebrantas No. 155 Km. 18 Simpang Baru Panam Pekanbaru Riau
d. UIN Raden Fatah Palembang
Alamat: Jl. Jend. Sudirman Km. 31/2 Palembang Sumatera Selatan
e. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Alamat: Jl. Marsda Adi Sucipto Yogyakarta
f. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Alamat: Jl. Gajayana No. 50 Malang
g. UIN Alauddin Makassar
Alamat: Jl. Sultan Alauddin No. 36 Samata Gowa Sulawesi Selatan
h. UIN Ar Raniry Banda Aceh
Alamat: Jl. Syeikh Abdul Rauf Kopelma Darussalam Banda Aceh
i. IAIN Antasari Banjarmasin
Alamat: Jl. Ahmad Yani Km. 4,5 Banjarmasin Kalimantan Selatan

Materi Ujian:
1. Ujian Tulis (menggunakan bahasa Arab) meliputi: bahasa Arab (memahami teks, tata bahasa, dan insya’), dan Pengetahuan Agama Islam.

2. Ujian Lisan (menggunakan bahasa Arab) meliputi: bahasa Arab (percakapan, terjemah, dan pemahaman teks), dan hafalan/bacaan Al-Qur’an minimal 2 Juz.

Hasil seleksi akan diumumkan oleh pihak Kementerian Agama pada tanggal 25 Mei 2016 melalui website diktis.kemenag.go.id.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dapat menghubungi nomor telepon (021) 3812344 ext. 326, email: seksi.kerjasamadiktis@kemenag.go.id atau mengunjungi laman resminya di diktis.kemenag.go.id dan maba.waag-azhar.or.id. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.